Aplikasi Model Gerlach dan Ely
dalam Penyusunan Desaian Pembelajaran
Berikut
adalah contoh dari penerapan Model Gerlach dan Ely dalam penyusunan desaian
pembelajaran untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Sekolah Dasar
Nama Sekolah : SD Negeri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
a.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Standar Kompetensi : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Indikator :
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
· Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk
tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
b.
Menentukan Isi Pelajaran
1.
Ciri-ciri makhluk hidup
2.
Kebutuhan mahkluk hidup
3.
Perbedaan makhluk hidup dan tak hidup
4.
Cara memelihara hewan dan tumbuhan dengan baik
c.
Penilaian Kemampuan Awal Siswa
1.
Guru Memberikan Pretest
Pretest dilakukan untuk mengetahui apa yang sudah dan belum diketahui
siswa tentang ciri Makhluk Hidup, Perbedaan nya, lalu kebutuhan nya, dan cara
memelihara
2.
Data Tentang Pengetahuan Awal/Kesiapan
Pertanyaan yang ditujukan ke siswa:
1.
Bagaimana Seekor hewan bila dikatakan hidup?
2.
Apa bedanya makhluk hidup dan mati?
3.
Membutuhkan apa saja manusia supaya bisa hidup?
4.
Bagaimana cara merawat tanaman ?
d.
Menentukan Strategi Pembelajaran
Tahap I. Ekspositori
( 1 x 15 menit), tentang Field tentang ciri Makhluk Hidup, Perbedaan nya, lalu
kebutuhan nya, dan cara memeliharanya
Tahap II. Demonstrasi
( 1 x 20 menit), tentang cara mengetahui makhluk hidup, membedakan langsung
makhluk hidup dan mati, merawat makhluk hidup seperti tumbuhan hewan serta
membawakan apa saja yang dibutuhkan sebagai penunjang kehidupan makhluk
tersebut.
Tahap III. Latihan praktik
( 1 x 30 menit),
mempraktikkan cara :
·
Memberi makan kepada hewan dan menyirami
tumbuhan sebagai kebutuhannya
·
Melihat langsung tumbuhan yang mati atau makhluk
yang bisa terancam kehidupan nya jika tidak dipenuhi kebutuhannya melalui
gambar atau langsung
Tahap IV. Diskusi dan
review (2 x 15menit), Memberikan evaluasi dengan pertanyaan kecil di dalam
praktik
e. Pengelolaan
Kelas
Kelas dibagi
ke dalam 3 (tiga) kelompok
Kelompok I:
Mendapat Tugas
Mengumpulkan Gambar Makhluk Hidup dan Mati Beserta Cirinya
Kelompok II:
Membawa
Kebutuhan Makhluk Hidup Seperti Air, Tanah, dan Makanan Bergizi
Kelompok III:
Membawa
tanaman tanaman sebagai media makhluk hidup
f. Pembagian
Waktu
Jumlah
pertemuan untuk pembelajaran ini untuk 1 kali pertemuan 2x35 menit
g. Penyiapan
Ruang
Seluruh proses
pembelajaran berlangsung di dalam satu ruangan laboratorium komputer. Dengan
menampung sebanyak 36 siswa. Ruang ini dilengkapi dengan 38 komputer,
whiteboard, dan LCD proyektor.
h. Penyediaan
Media Pembelajaran
1) Buku
teks:
2) Perlengkapan:
Tanaman, Air, Makanan, Tumbuhan, Gambar Gambar terkait, LCD proyektor
i. Penilaian
Berbentuk format
laporan yang dibuat guru dan telah dijelaskan sebelumnya
j. Analisis
Umpan Balik
Kegiatan evaluasi tidak semata-mata membuat soal, tetapi meliputi
pengumpulan data mengenai kegiatan proses pelajaran, aktivitas siswa selama
proses pembelajaran, memonitor proses pembelajaran, serta mengukur tercapai
tidaknya hasil belajar para siswa. Evaluasi merupakan proses kegiatan yang
menghasilkan laporan untuk kemudian dianalisis serta memperoleh umpan balik
berupa informasi apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Jika
tujuan pembelajaran belum tercapai, maka harus dicari kelemahannya dan
dilakukan remedial. Kegiatan evaluasi di dalam proses pembelajaran itu bukan
semata-mata menilai para siswa saja, melainkan juga ditujukan pada sistem
pembelajaran yang dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar