TRANSLATE HERE

Selasa, 08 November 2016

CONTOH DESAIN PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY PADA MAPEL IPA SD (untuk memenuhi tugas Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )

Aplikasi Model Gerlach dan Ely dalam Penyusunan Desaian Pembelajaran
Berikut adalah contoh dari penerapan Model Gerlach dan Ely dalam penyusunan desaian pembelajaran untuk mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Sekolah Dasar

Nama Sekolah                   : SD Negeri
Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                  : III/I (Ganjil)
Alokasi Waktu                   : 2 X 35 menit
a.          Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Standar Kompetensi      : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi dasar           : Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
Indikator :
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·   Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.

b.          Menentukan Isi Pelajaran
1.       Ciri-ciri makhluk hidup
2.       Kebutuhan mahkluk hidup
3.       Perbedaan makhluk hidup dan tak hidup
4.       Cara memelihara hewan dan tumbuhan dengan baik

c.           Penilaian Kemampuan Awal Siswa
1.       Guru Memberikan Pretest
Pretest dilakukan untuk mengetahui apa yang sudah dan belum diketahui siswa tentang ciri Makhluk Hidup, Perbedaan nya, lalu kebutuhan nya, dan cara memelihara
2.       Data Tentang Pengetahuan Awal/Kesiapan
Pertanyaan yang ditujukan ke siswa:
1.       Bagaimana Seekor hewan bila dikatakan hidup?
2.       Apa bedanya makhluk hidup dan mati?
3.       Membutuhkan apa saja manusia supaya bisa hidup?
4.       Bagaimana cara merawat tanaman ?

d.          Menentukan Strategi Pembelajaran
Tahap I. Ekspositori ( 1 x 15 menit), tentang Field tentang ciri Makhluk Hidup, Perbedaan nya, lalu kebutuhan nya, dan cara memeliharanya
Tahap II. Demonstrasi ( 1 x 20 menit), tentang cara mengetahui makhluk hidup, membedakan langsung makhluk hidup dan mati, merawat makhluk hidup seperti tumbuhan hewan serta membawakan apa saja yang dibutuhkan sebagai penunjang kehidupan makhluk tersebut.
Tahap III. Latihan praktik ( 1 x 30 menit),
 mempraktikkan cara :
·         Memberi makan kepada hewan dan menyirami tumbuhan sebagai kebutuhannya
·         Melihat langsung tumbuhan yang mati atau makhluk yang bisa terancam kehidupan nya jika tidak dipenuhi kebutuhannya melalui gambar atau langsung
Tahap IV. Diskusi dan review (2 x 15menit), Memberikan evaluasi dengan pertanyaan kecil di dalam praktik
e.       Pengelolaan Kelas
Kelas dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok
Kelompok I:
Mendapat Tugas Mengumpulkan Gambar Makhluk Hidup dan Mati Beserta Cirinya
Kelompok II:
Membawa Kebutuhan Makhluk Hidup Seperti Air, Tanah, dan Makanan Bergizi
Kelompok III:
Membawa tanaman tanaman sebagai media makhluk hidup
f.       Pembagian Waktu
Jumlah pertemuan untuk pembelajaran ini untuk 1 kali pertemuan 2x35 menit
g.      Penyiapan Ruang
Seluruh proses pembelajaran berlangsung di dalam satu ruangan laboratorium komputer. Dengan menampung sebanyak 36 siswa. Ruang ini dilengkapi dengan 38 komputer, whiteboard, dan LCD proyektor.
h.      Penyediaan Media Pembelajaran
1)      Buku teks:
2)      Perlengkapan:
Tanaman, Air, Makanan, Tumbuhan, Gambar Gambar terkait, LCD proyektor
i.        Penilaian
Berbentuk format laporan yang dibuat guru dan telah dijelaskan sebelumnya
j.        Analisis Umpan Balik
Kegiatan evaluasi tidak semata-mata membuat soal, tetapi meliputi pengumpulan data mengenai kegiatan proses pelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, memonitor proses pembelajaran, serta mengukur tercapai tidaknya hasil belajar para siswa. Evaluasi merupakan proses kegiatan yang menghasilkan laporan untuk kemudian dianalisis serta memperoleh umpan balik berupa informasi apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum. Jika tujuan pembelajaran belum tercapai, maka harus dicari kelemahannya dan dilakukan remedial. Kegiatan evaluasi di dalam proses pembelajaran itu bukan semata-mata menilai para siswa saja, melainkan juga ditujukan pada sistem pembelajaran yang dilakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar