CONCEPT SENTENCES
Membantu Peserta Didik Menjadi Tutor Hebat
Metodologi mengajar
adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem
dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk
saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan
dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai.
Agar tujuan pengajaran
tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik, maka perlu
mengetahui, mempelajari beberapa metode mengajar, serta dipraktekkan pada saat
mengajar.
Pengertian
Consepct sentence
merupakan salah satu teknik dari cooperative Learning,dimana siswa belajar
dengan kelompoknya untuk membuat beberapa kalimat sesuai dengan kata kunci yang
telah diberikan oleh guru kepada siswa.Pembentukan kelompok didasarkan pada
kartu kata yang dimiliki oleh setiap siswa.Setiap siswa membentuk satu kalimat
yang telah dipelajari sebelumnya.Consecptsentence ini dibuat seperti games
sehingga siswa bersemangat untuk memenangkan games ini.Setiap kelompok akan
membahas pola kalimat yang telah diberikan oleh guru ,setelah diberikan batas
waktu tertentu ,maka setiap kelompok harus mengirim wakil dari masing-masing
kelompok sebanyak dua orang kedepan .Wakil dari kelompok diharuskan membuat
beberapa dari kata kunci yang ada berdasarkan kata kunci yang telah diberikan
Proses kelompok
terjadi ketika anggota kelompok mendiskusikan seberapa baik mereka mencapai
tujuan dan memelihara kerjasama yang efektif. Para siswa perlu mengetahui
tingkat-tingkat keberhasilan pencapaian tujuan dan efektivitas kerjasama yang
telah dilakukan.
Untuk memperoleh informasi itu, para siswa
perlu mengadakan perbaikan-perbaikan secara sistematis tentang bagaimana mereka
telah bekerja sama sebagai satu tim, dalam hal :
• Seberapa baik tingkat
pencapaian tujuan kelompok
• Bagaimana mereka saling
membantu satu sama lain
• Bagaimana mereka bersikap
dan bertingkah laku positif untuk memungkinkan setiap individu dan kelompok
secara keseluruhan menjadi berhasil, dana
• Apa yang mereka butuhkan untik
melakukan tugas-tugas yang akan datang supaya lebih berhasil.
Ciri-ciri
Siswa dibentuk kelompok heterogen dan
membuat kalimat dengan minimal 4 kata kunci sesuai materi yang disajikan.
Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan tujuan.
2. Guru menyajikan materi secukupnya.
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara
heterogen.
4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi/ topik yang disajikan.
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan
minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
6. Hasil diskusi kelompok didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru.
7. Kesimpulan.
Kelebihan:
1. Lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran.
2. Siswa yang lebih pandai mengajari siswa yang kurang pandai.
Kekurangan:
1. Hanya untuk mata pelajaran tertentu.
2. Untuk yang pasif mengambil jawaban dari temannya.
Membantu Peserta Didik Menjadi Tutor Hebat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar